Terima panggilan +242 atau pesan teks, Harap waspada jatuh ke dalam perangkap penipuan

Source: admin Release Time: 03:58:43 2019-03-10

Telepon misterius dengan awalan +242 terbaru menyerang pengguna telepon dari Indonesia. Berita itu dengan marah dikeluhkan oleh pelanggan di berbagai media sosial. Nomor dengan kode panggilan +242 diketahui berasal dari Republik Kongo. Nomor ini dapat dipanggil dua kali sehari. Mereka hanya melakukan beberapa panggilan dan akhirnya dimatikan (panggilan tidak terjawab). Taufi Hassan, komisaris kebijakan publik Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), mengatakan kantornya menerima laporan itu, yang ia sebut model penipuan jangka panjang, menggunakan layanan panggilan internasional tingkat lanjut.

Jika pelanggan menjawab panggilan dari +242, Taufik meminta publik untuk tidak mengembalikan telepon atau mengirim pesan teks karena akan mengurangi jumlah kredit yang besar. Semakin lama ponsel berlangsung, semakin tinggi biaya pulsa. BRTI telah menghubungi operator seluler utama di Indonesia, termasuk Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata untuk membantu kesepakatan publik dengan masalah penipuan panggilan tingkat lanjut internasional.

Perusahaan telekomunikasi XL Axiata merespons banyak laporan pelanggan tentang telepon dengan awalan +242. Tri Wahyuningsih, manajer Komunikasi Umum di XL Axiata, meminta publik untuk mengabaikan nomor-nomor ini alih-alih menelepon kembali tanpa mengirim SMS. Jika Anda menerima panggilan dari nomor tersebut, XL akan meminta pelanggan untuk melaporkan ke Layanan Pelanggan.